Friday, October 26, 2007

Kebiasaan membaca orang Thailand

Orang Thailand rupanya kurang banyak membaca buku. Dalam setahun mereka hanya membeli atau membaca dua buku. Jumlah ini amat jauh bila dibandingkan dengan orang Vietnam (50 buku/tahun) dan Singapura (45 buku/tahun). Pemilik perpustakaan pribadi di Thailand juga hanya sedikit. 84.000 orang Thailand hanya satu orang yang punya perpustakaan pribadi. Bandingkan dengan orang Korea. Dari 20.000 orang Korea, ada satu orang yang memiliki perpustakaan pribadi. Demikian laporan suratkabar The Nation yang dikutip Antara, Kamis 18 Oktober 2007.
Orang Thailand lebih suka mendengar dan menonton, daripada membaca atau menulis. Itulah sebabnya, media televisi dan radio berkembang pesat disana. Orang lebih suka menonton tayangan film dan sinetron,daripada membaca buku. Bahkan, kaum muda Thailand menggangap membaca adalah aktifitas yang membosankan.
Kondisi ini mencemaskan kalangan pendidik di Thailand. Dengan membaca, kita memiliki kemampuan untuk menjalani hidup. Selain itu, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan perekonomian juga tergantung pada kebiasaan membaca.

No comments: