Friday, October 26, 2007

Ice Hotel

Apakah anda pernah melihat atau tinggal di Hotel Es?
Apa itu Hotel Es? Hotel Es adalah hotel sementara yang seluruh bagiannya terbuat dari salju dan es balok yang dibentuk. Hotel Es dibagun setiap tahun saat musim dingin tiba dengan tema yang berbeda – beda. Pengunjung yang menginap dihotel es tidur didalam kantong tidur (sleeping bag) yang diletakkan diatas kulit rusa. Hotel es banyak terdapat di negara – negara di Eropa dan Amerika Utara. Berikut ini beberapa hotel es yang terdapat didunia :
Swedia
Hotel Es pertama didunia dibuat didekat Desa Jukkasjarvi, Kiruna, Swedia. Pada tahun 1990, ada seorang seniman Perancis, Jannot Derid yang mengadakan pameran Igloo di wilayah tersebut. Suatu hari semua ruangan hotel penuh. Beberapa pengunjung meminta izin untuk tidur didalam ruangan pameran. Dari sinilah ide membangun hotel es muncul.
Kanada
Hotel Es Kanada adalah hotel es pertama diwilayah Amerika Utara. Hotel es pertama diwilayah Amerika Utara. Hotel es ini dibangun setiap bulan Januari. Hotel es pertama dibangun pada tahun 2000, dengan menggunakan 4.750 ton es yang dibentuk. Dindingnya memiliki ketebalan hingga 1,2 m.
Selain dikedua negara diatas, hotel es juga terdapat di Norwegia dan hotel es yang berbentuk kastil/istana terdapat di Finlandia (Snow Castle of Kemi).

No comments: